Jumat, 06 November 2015

YESUS ALFA DAN OMEGA, MAKA YESUS ADALAH TUHAN?


Apa yang di maksud dalam Bible tentang Yesus adalah Alfa dan Omega dalam kitab Wahyu?

Disitu Yesus berkata “Aku adalah Alfa dan Omega” Kristen mengartikan bahwa Yesus adalah yang pertama dan terakhir, dan Kristen menganggap itu adalah salah satu karakter Tuhan, sehingga Yesus disebut-sebut mempunyai sifat Illahi.

Jika saja semua orang Kristen tidak termakan dogma maupun  doktrin dan hanya berpedoman teguh pada alkitab/bible, maka hal seperti ini sesungguhnya bukan hal yang sulit untuk di artikan. Tidak perlu bertanya pada ahli sejarah ataupun ilmuan, karena kita pasti akan paham dengan sendirinya.

Pernahkah kalian orang Kristen memperhatikan bahwa di dalam bible tak satupun ada pernyataan JELAS dan TIDAK AMBIGU dari mulut Yesus sendiri yang menyatakan “AKU LAH TUHAN” maka ”SEMBAHLAH AKU”.
Hanya karenya Yesus mengatakan “Akulah Alfa dan Omega” dengan demikian Yesus adalah Tuhan?
Dalam hal apa dan apa yang dimaksud Yesus dengan Alfa dan Omega?
Apakah yang dimaksud Yesus adalah bahwa dia yang pertama dan yang terakhir?

Tentu ini adalah pernyataan yang salah, karena kita semua tahu bahwa Yesus bukanlah yang pertama di zagat raya ini. Dia lahir dan di lahirkan dari seorang ibu yang bernama Maria melalui mukjizat. Mukjizat itu datang dari Bapa atau Allah, yang artinya mukjizat itu sendiri merupakan ciptaan Allah karena berasal dan bersumber dari Allah, dan yang menerima mukjizat kala itu tidak lain adalah Yesus, yang artinya bahwa Yesus juga diciptakan oleh Bapa / Allah melalui mukjizat dari Bapa. Tidak akan ada Yesus jika Allah tidak berkehendak melalui mukjizatnya, artinya Yesus diciptakan seperti makhluk hidup lainnya walaupun melalui sebuah keistimewaan. Seperti yang kita tahu, segala yang diciptakan Tuhan, maka dia bukan Tuhan.

Lalu mengenai bahwa Yesus merupakan yang terakhir juga sungguh sangat saya sayangkan, karena setelah Yesus masih banyak manusia-manusia hidup di dunia hingga sekarang.

Dalam Bible juga telah dinubuatkan tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai penerus ajaran Yesus Kristus, seperti yang tercantum dalam Yohanes 16:12-14:
12. Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
13. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

Disitu dikatakan “Ia akan memuliakanku”. Tidak ada agama selain Islam yang sangat mengagungkan Yesus (Nabi Isa A.S.) sebagai salah satu Nabi yang harus diimani oleh semua Muslim. Bila yang kita tahu, dalam Al Quran pun, sejarah Nabi Isa / Yesus lebih banyak di tuliskan dari pada kisah Nabi Muhammad. Bahkan Al Quran memiliki satu judul Surah yang dikhususkan bagi Maria, yaitu Surah Maryam. Tidak ada wanita lain dalam Al Quran yang diistimewakan setara dengan Maria / Maryam.

Ini artinya bahwa Islam, Al Quran, Nabi Muhammad SAW, dan para Muslim, sungguh sangat memuliakan Yesus / Nabi Isa sebagai Rasul Allah, seperti yang dinubuatkan dalam Bible.

Perkataan Yesus dalam Yohanes 16:12-14 juga menyatakan bahwa setelah Yesus masih akan ada yang lain untuk memimpin ke dalam kebenaran, yang artinya juga Yesus bukan yang terakhir.


Saya akan sedikit membahas tentang Yohanes 16:14 yang beredar di dalam alkitab/bible di Indonesia yaitu berisi:
14. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

Disini seolah-olah Yesus yang mengirimkan wahyu karena tertulis “Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada ku” bagi Kristen yang percaya, ini akan semakin mempertebal keimanan untuk menuhankan Yesus.

Tapi saya akan beri tahu, bahwa ayat tersebut adalah salah satu ayat yang di revisi di Indonesia, dibuat berdasarkan apa yang ingin di dengar para Kristen, bukan sesuai fakta sejarah.

Mari kita lihat ke Bible terbitan King James Version (KJV). Bible ini adalah suatu terjemahan yang pekerjaannya diperintahkan oleh Raja James I dari Inggris untuk Gereja Inggris. Alkitab ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1611, dan mempunyai dampak yang sangat mendalam bukan hanya terhadap kebanyakan terjemahan bahasa Inggris yang dibuat sesudahnya, tetapi juga terhadap pemakaian bahasa Inggris baku serta kesusastraan Inggris pada umumnya.





Dalam Bible KJV, Yohanes 16:14 (John 16:14) berisi:
He shall glorify me: for he shall receive of mine, and shall shew it unto you.

Bila di terjemahkan maka artinya:

Ia akan memuliakan aku, sebab ia akan menerima (sumber) kemulianku, dan akan memberitakan hal itu kepadamu.

Tidak ada disitu dikatakan “Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku”. Dan anda boleh mencari terjemahan lain dalam alkitab, agar anda bisa membandingkan sendiri bahwa alkitab Indonesia banyak sekali hasil revisinya.

Baiklah, sekarang kita kembali kepada topik yang kita bahas. Jadi apa sebenarnya pengertian asli dari Alfa dan Omega yang tercatat dalam alkitab / bible? Yaitu, apapun yang dikatakan para Nabi termasuk Yesus, merupakan HUKUM TUHAN (Alfa dan Omega). Hukum Tuhan adalah Yang Pertama dan Yang Terakhir.

Pada zaman Musa A.S. dialah Alfa dan Omega berkenaan dengan Hukum Tuhan, apapun yang diajarkannya harus diikuti. Pada Zaman Yesus, ajarannya adalah Alfa dan Omega, dan harus diikuti pula ajarannya karena merupakan Hukum Tuhan. Begitupun pada zaman Nabi Muhammad SAW, dialah Alfa Omega, apapun yang diajarkannya harus diikuti pula.


Dari penjelasan ini, tidak berarti Yesus mengaku Illahi.

Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi para pencari kebenaran. Terimakasih.

35 komentar:

  1. yohanes 16:13 sangat jelas mengatakan tetapi apabila Ia datang,yaitu Roh kebenaran..yg dimaksud Ia seterusnya afalah Roh kebenaran yg merupakan Roh Kudus yaitu roh yg berasal dari Allah yg slalu membimbing manusia ke dalam jalan yg benar, Ia yg dimaksud bukan Nabi Muhammad, DAN Yesus mrngatakan bahwa dirinya Tuhan jelas terdapat dalam kitab Yohanes 13:13 harap dibaca dengan baik,tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Suatu ketika Yesus membenarkan dirinya dipanggil murid-muridnya dengan sebutan guru dan tuan, bahkan ditegaskan lagi oleh Yesus memang akulah guru dan tuan"Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan."Yesus disebut sebagai guru karena mengajarkan kebaikan-kebaikan, kebenaran-kebenaran dan petunjuk hidup kepada murid-muridnya dan Yesus disebut tuan karena nasehat dan pengajarannya selalu ditaati murid-muridnya, maka pantaslah Yesus disebut guru dan tuan. Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata mar dalam bahasa Ibrani/Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata mar biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan di taati.

      Namun ternyata dalam penterjemahan ayat tersebut ke dalam bahasa yang bukan bahasanya Yesus kata tuan dalam ayat di atas telah berubah menjadi Tuhan, yang jauh menyimpang dari ucapan Yesus, sehingga lafal ucapan Yesus tersebut menjadi :"Kamu menyebut aku guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan Tuhan." Yohanes 13:13 Tentu saja perubahan ini di manfaatkan oleh umat Kristen sebagai dalil bahwa Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan.Sesungguhnya perubahan kata dari tuan menjadi Tuhan justru akan semakin menimbulkan kontradiksi di dalam Injil itu sendiri, bahkan akan sangat bertentangan dengan ucapan- ucapan Yesus di dalam puluhan ayat-ayat yang lain, satu saja contoh ucapan Yesus yang bertentangan dengan Yohanes 13:13 bila kata tuan dirubah menjadi Tuhan :"Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yg telah Engkau utus." Yohanes 17:3Dalam Yohanes 17:3 tersebut Yesus mengatakan bahwa Tuhan satu-satunya hanyalah Allah dan dipertegas lagi bahwa Yesus hanyalah seorang utusan Allah, kalau kata mar diterjemahkan menjadi Tuhan maka Yohanes 13:13 akan sangat kontradiktif dengan Yohanes 17:3, tetapi kalau kata mar diterjemahkan sebagai tuan maka antara Yohanes 13:13 dan Yohanes 17:3 akan saling mendukung dan menguatkan.Umat Kristen nampaknya sangat memaksakan untuk mengubah ucapan Yesus yang berarti tuan menjadi Tuhan, agar ada dalil yang mengokohkan ketuhanan Yesus, hal ini karena tidak ada satu ayat-pun yang mendukung ketuhanan Yesus yang berupa pengakuan Yesus secara langsung bahwa dirinya adalah Tuhan, dan satu-satunya ayat yang mudah untuk diubah artinya adalah Yohanes 13:13, namun dengan mengorbankan keabsahan dan keserasian Alkitab itu sendiri.

      Perubahan kata tuan menjadi Tuhan terjadi ketika kata MAR dalam bahasa Ibrani yang berarti tuan, diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi KURIOS, kata kurios dalam bahasa Yunani memiliki empat arti yaitu :-- Pemilik -- tuan -- tuhan – Tuhan --Rupanya para penginjil mengartikan kurios sebagai Tuhan dalam ayat tersebut, padahal semestinya arti yg sesuai dengan ucapan Yesus dan tdk bertentangan dengan ayat-ayat yg lain adalah tuan. Dari uraian di atas baik ditinjau dari segi tata-bahasa Ibrani ke Yunani dan ditinjau dari keserasian dengan ucapan-ucapan Yesus yang lain, maka pengakuan Yesus yang sesungguhnya adalah :AKULAH GURU DAN TUANBukanAKULAH GURU DAN TUHANSehingga tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab Yesus pernah mengatakan akulah Tuhan, tetapi akan banyak ditemukan ayat-ayat pengakuan Yesus bahwa dirinya hanyalah utusan Allah dan bahwa hanyalah Allah satu-satunya Tuhan yang benar dan Esa.

      Hapus
    3. Yesus itu adalah firman Allah yg menjadi manusia (inkarnasi) seperti dijelaskan Yohanes 1:1-18. Bahwa di bbrp perkataan Yesus di kitab Yohanes spt Yoh 5:24, 30, Yoh 7:16 atau Yoh 17:3 bahwa Ia adalah utusan Allah memang semakin menjelaskan bahwa salah satu peran firman Allah adalah melaksanakan kehendak Allah spt yg tertulis di Yesaya 55:11. Jadi utusan disini bukan berarti Yesus itu adalah rasul atau nabi.

      Hapus
    4. Firman itu adalah ucapan Allah. Yesus datang mewakili ucapan Allah seperti nabi2 sebelumnya dan nabi terakhir.

      Kalo klaim itu adalah bukti Yesus adalah tuhan, kok Musa jg berkata yang sama? Apa Musa juga tuhan?

      Hapus
    5. Ga usah memaksakan tafsir. Bapa" gereja purba yang merupakan anak didik murid Yesus pun mengatakan bahwa Yesus adalah Firman Allah, bukan sekedar menyampaikan:

      Yohanes 1:1-3, 10-12 (TB) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
      Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
      Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
      Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.
      Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.
      Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

      St. Athenagoras (133-190):
      “Sebab, … kita mengakui satu Tuhan, dan PuteraNya yang adalah Sabda-Nya, dan Roh Kudus yang bersatu dalam satu kesatuan, –Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus.” ((St. Athenagoras, A Plea for Christians, Chap. 24, ibid., 148))

      Hapus
    6. Yohanes 8:58 Yesus berkata,sesungguhnya sebelum Abraham jadi,aku telah ada,Monggo dihayati ayat tersebut,hehe

      Hapus
    7. heh blum jelas ya? Dri awal dibilang Kitab kalian itu di tambah tambahin.Kontradiksi dimana-mana.kalau lu bilang yoh16:12-14 itu roh kudus baca dulu deh sampe habis ayat 13 nya: apakah roh kudus bisa bicara? bisa ga dia bicarakan yang akan datang?.Ya jelaslah disitu Nubuat Nabi Muhammad SAW.Kalau ayat yoh8:58 jelas itu tambahan pihak Gereja-,-. karena lebih banyak Ayat tentang Yesus berkata Tauhid bukan Trinitas pake otak jangan **** sensor mas wkwkw.

      Hapus
    8. Bagaimana kalian memaksa pendapat dan pandangan yg berbeda, kalau kita sama meyakini keimanan kita mana mungkin kalau bisa memaksa ???semua itu bisa dijawab oleh orang yg mengeri bahasa dan bisa membaca tulisan kuno. Setelah dengar Bambang noorsena saya sangat meyakini Yesus .i love yesus

      Hapus
    9. Jadi siapa yang anda dimaksudkan Roh kebenaran itu?
      Jibril?
      Roh Kudus?
      berarti mereka tidak hadir bersamaan dengan Yesus pada saat itu ๐ŸคŒ๐Ÿป

      Hapus

  2. Al-Quran itu di kutib dari Torah (Perjanjian Lama) dan Alkitab oleh muhammad dan kawan kawanya.
    muhammad pencipta islam pertama sebelum dia mati dia tidak berdoa pada allah islam dongeng, tapi dia berdoa kepada Isa (Yesus) anak dari Ibnu Mariam, karena muhammad tau bahwa Yesus adalah Tuhan.
    muhammad itu bukan nabi melainkan manusia pembohong, dia mengajarkan doa swalat nabi yaitu doakan muhammad untuk keselamatannya. Dan bagaimana dengan umat islam dalam keselamatan mereka?๐Ÿ˜ƒ
    Di dalam islam berdoa yang menyatakan bahwa 'Tiada Tuhan selain allah', sekarang pertanyaannya kenapa muhammad sebagai pencipta islam pertama di dunia berdoa kepada Yesus dan tidak kepada allah?๐Ÿ˜ƒ
    Bertobatlah hai umat islam yang kesasar, Tuhan Kristen itu maha baik.

    https://m.facebook.com/photo.php?fbid=3577777853743&id=1552033107&set=a.2143450316451.2122329.1552033107&source=48&ref=bookmarks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makna shalawat itu bukan doa keselamatan untuk nabi, tapi doa puji2an untuk nabi.

      Emg di gereja kalo lagi puji2an ke Yesus artinya lagi doain biar Yesus selamat?

      Hapus
    2. Wkwkwk argumen paling bodoh yang pernah saya dengar๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Bahkan didalam Al quran pun Allah menjelaskan
      Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al-Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al-Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar”. (Q.S. Al-Baqarah [2]: 23).

      Hapus
  3. Klaim saudara2 muslim yg mengklaim bahwa kitab Yohanes menubuatkan nabi Muhammad (Peryklitos=Ahmad) uda kuno. Naskah2 kuno Alkitab spt codex Sinaiticus atau codex Vaticanus ga ada yg menuliskan Peryklitos namun Parakletos bahkan manuskrip perjanjian baru yg hanya berbentuk papyrus (belum berbentuk codex) pun tdk ada yg menyebut Peryklitos. Klaim2 saudara muslim bahwa di Alkitab menubuatkan nabi Muhammad dgn mengutip ayat2 spt Ulangan 18:15, Kidung Agung 5:16, Yesaya 29:12 atau Yohanes 16:14 itu hanya klaim2 mereka sj dan tidak ada bukti. Boleh2 sj umat muslim mengklaim bahwa di Alkitab menubuatkan nabi Muhammad berdasar surat di Quran terutama surat Al A'raf ayat 157 atau surat As Saff ayat 6 namun umat kristen tetap tidak pernah meyakini di Alkitab menubuatkan nabi Muhammad. Mengenai istilah Alfa dan Omega yg awal dan yg akhir, jelas istilah itu mengacu kepada Allah sendiri bukan kpd hukum Allah pd zaman nabi Musa, nabi Isa atau nabi Muhammad. Al Quran pun menyatakan dgn jelas di surat Al Hadid ayat 3 bahwa Allah adalah yg awal dan yg akhir. Penulis di atas nampaknya sering mendengar ceramah2 Zakir Naik yg suka menafsirkan ayat2 Alkitab seenak udelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending nonton ini aja deh, dia paham menguasai bahasa Hebrew.

      https://youtu.be/8Tfw4XDzABM

      Hapus
    2. Mantap pak,belajar agama itu mesti tahu juga sejarah

      Hapus
  4. Apa sih yg di maksud domba kedar dan domba nebayot
    Saya masih bingung..
    Apakah ini hanya istilah dan perumpamaan?

    BalasHapus
  5. "....Dalam Bible juga telah dinubuatkan tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW sebagai penerus ajaran Yesus Kristus, seperti yang tercantum dalam Yohanes 16:12-14::...."?????
    Itu omong kosong besar, alias bualan..... Yg dinubuatkan Yesus Di dalam Yohanes 16:12-14:adalah ROH KUDUS yaitu Roh Kebenaran, SAMASEKALI BUKAN MUHAMMAD. Justru Yesus menubuatkan "AKAN ADA BANYAK NABI PALSU....* Matius 24:3-5,10-11
    24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"
    24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
    24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
    24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
    24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

    * Matius 7:22
    Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi bangg di Kitab yohanes yg diblg roh kudus itu Editan bg .emng roh kudus bisa bicara? bisa mengatakan yg aksn datang? bisa memimpinmu ke kebenaran? ngertikan? kalau tidak diedit pasti kalian sudah MasukIslam s semua ALLAHUAKBAR!

      Hapus
    2. Roh Kudus mampu, bukan seperti Aulohmu tidak mampu apa2, kalau Roh Kudus islam tidak mampu apa2

      Hapus
  6. Kemudian pertanyaan saya kepada kalian islam, utk apa Yesus berkata Aku Alfa dan Omega?, adakah nabimu berkata sperti Yesus berkata?, ada yg berani?, Yesus begitu berani. Ayo jawab saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goblog loch... nabi muhammad itu manusia...

      Hapus
  7. Yohanes 14:6-7 (TB) Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
    Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabi muhammad saw adalah jalan kebenaran... Emang yesus doang .. jika kristen cuma mngajarkan kasih.. maka islam lebih dri itu.. bismillahirrohmanirrohim... (Dengan menyuebut nm Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang)

      Hapus
  8. Yang pasti Roh Kudus adalah Roh-Nya Tuhan Yesus itu sendiri, sbg pengganti-Nya Yesus yg naik ke sorga, utk tinggal di dalam setiap umat-Nya (Penyertaan Yesus kpd umat-Nya,sampai pada akhir zaman) Jadi yg dimaksud itu bukanlah nabi muhammad dlm Yoh 14:16; Yoh 14:26 dan Yoh 15:26... That's all !!!

    BalasHapus
  9. Kalo Yesus mu benar2 Tuhan, ngapain dia berdoa kepada Allah.. hadehhhh

    Lukas 6:12

    Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.

    Terus Yesus jg udah bilang untuk nyembah Allah sj bukan yg lain...

    Lukas 4:8

    Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

    Markus 12:29

    Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa

    Quran Surat Al-Ma’idah Ayat 72

    "Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun".

    BalasHapus
  10. Sbnrnya gk usah pusing sih, yg jelas Tuhan itu Maha Esa (Maha Satu).
    Dlm ulangan 6:4
    Nabi Musa as berkata ; Dengarlah hai
    umat israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.
    ___
    Yesus pun mengulanginya pd Markus 12:29
    "Dengarlah hai umat israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.

    Tak pernah yesus mengatakan;
    "Akulah Tuhan, Allahmu."

    Faktanya yesus bilang,

    "Bapaku lebih besar daripada aku". (Yoh 12:48)

    "Aku tidak dapat berbuat apa_apa dari diriku sendiri." (Yoh 5:30)

    BalasHapus
  11. Yesus berkata : "Sebelum Abraham ada, Aku telah ada"
    Jadi tidak benar bahwa Yesus pertama kali ada ketika dia lahir oleh Perawan Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi menurut anda sebelum abraham dia udh jadi anda sebut dia jadi tuhan???

      Bagaimana dengan nabi salomo yang sebelum dunia ini diciptakan sebelum tuhan allah lagi menggaris kaki bumi
      Solomo sudah main main di awan
      Sedangkan yesus cuma sebelum abraham
      Jauh dari solomo yang ada sebelum dunia ini ada
      Dan sudah ada sebelum abraham ada
      Lebih hebat lagi dong salomo
      ( Amsan 8:23-24 25 )

      Hapus
  12. Yesus Kristus adalah Firman Allah yg tidak terpisahkan dari Allah sendiri. Allah datang menjadi manusia, melalui kelahirannya dari perawan Bunda Marya yg kudus. Ia mati, bangkit dan naik ke sorga. Sebagai bukti Kasih penebusannya buat manusia untuk diselamatkannya dari kuasa kegelapan dan dosa. Yesus adalah mulaNya dan Akhirnya.Telah naik kesorga dan mengutus Rohnya Roh kudus.Roh kudus mengajar,membimbing dan melindungi dan selalu meyakinkan tentang kebenaran Tuhan Yesus. Roh kudus, yg tidak berbentuk badan tapi Roh Yesus Kristus. Halleluaya.Immanuel. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu semua adalah kesalahan total dari paulus dan gereja dlm menafsirkan ayat tersebut. Semua itu adalah doktrin belaka.

      Hapus
  13. Menjawab argumen Yesus adalah Alfa dan Omega. Saya membahasnya
    https://situsmenjawabkristen.blogspot.com/2021/01/menjawab-yesus-adalah-alfa-dan-omega.html?m=1

    BalasHapus
  14. Baccarat | Live Online Play the Casino Game - FEBCasino
    Play Baccarat by Baccarat on FEBCasino. Play against other people and ๋ฐ”์นด๋ผ์‚ฌ์ดํŠธ compete in a ใ‚ซใ‚ธใƒŽ ใ‚ทใƒผใ‚ฏใƒฌใƒƒใƒˆ Live Casino ์˜จ์นด์ง€๋…ธ game that is more popular than other casino games like roulette, blackjack,

    BalasHapus