Selasa, 10 November 2015

Siapakah Yesus, TUHAN atau NABI?



Tema yang akan saya bahas kali ini adalah, "Who is Jesus, God or Prophet?" atau "Siapakah Yesus, Tuhan atau Nabi?"


Sebagai referensi, 100% saya akan menggunakan alkitab/Bible. Murni dari kitab suci umat Kristen. Karena jika saya menggunakan Al Quran sebagai refrensi, Al Quran sudah tidak dapat di ragukan lagi, kerena Allah berfirman di dalamnya bahwa Yesus atau Isa hanyalah seorang Nabi.


Jadi secara inti, dalam kesempatan ini saya akan memaparkan dan memberikan bukti bahwa Bible atau alkitab sendiri lah yang memberi kesaksian tentang Yesus sebenarnya hanyalah nabi atau utusan.


Maka kita langsung saja membahasnya bersama-sama, semoga dengan pemaparan ini semakin mempertebal keimanan anda sebagai umat Islam. Amin, Ya Allah.


Siapa yang paling tepat menjelaskan status Yesus?

Ada baiknya jika kita menjawab pertanyaan ini mengunakan logika dan 100% menggunakan akal. Kita diberi otak dan berakal oleh Allah tidak lain agar kita bisa berpikir, dan bisa membedakan mana yang benar serta mana yang salah.

Jadi apa jawabannya? Tidak bisa di tawar lagi, bahwa yang paling berhak menjelaskan status Yesus sebagai Nabi atau Tuhan adalah Allah (Bapa), Yesus sendiri, dan juga mereka yang hidup sejaman dengan Yesus (Nabi Isa). Kesaksian ini merupakan kesaksian paling kuat jika dibandingkan dengan kesaksian-kesaksian Gereja, pendeta, atau kesaksian manusia yang hidup 2000 tahun setelah Yesus (jaman sekarang).

1. Kesaksian Manusia yang Sejaman dengan Yesus
Kita awali dengan kesaksian yang paling rendah, yaitu kesaksian dari orang-orang yang hidup di jaman Yesus dan bergaul langsung dengan Yesus.
Ayat Injil / Bible:

-Matius 21:11

Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

-Markus 14:65

Lalu mulailah beberapa orang meludahi Dia dan menutupi muka-Nya dan meninju-Nya sambil berkata kepada-Nya: "Hai nabi, cobalah terka!" Malah para pengawalpun memukul Dia.

-Lukas 24:19

Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

-Yohanes 7:40

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkataan itu, berkata: "Dia ini benar-benar nabi yang akan datang."

-Yohanes 9:17

Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu: "Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?" Jawabnya: "Ia adalah seorang nabi."

Saya lebih percaya perkataan orang-orang yang bergaul langsung dan hidup sejaman dengan Yesus, daripada kepada manusia yang hidup 2000 tahun kemudian (jaman sekarang).


2. Kesaksian Yesus sendiri

Saya akan memberikan ayat-ayat dalam alkitab yang berisi tentang pengakuan Yesus sebagai Nabi.

-Matius 13:57

Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."

-Markus 6:4

Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."

-Lukas 4:24

Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.

-Yohanes 4 : 44

sebab Yesus sendiri telah bersaksi, bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.

Pernyataan dalam ayat ini derajatnya lebih tinggi, karena merupakan perkataan Yesus langsung.


Sedikit pengetahuan, Injil dalam Alkitab itu ada 4, terdiri dari:

1. Mathius
2. Markus
3. Lukas
4. Yohanes

Sisanya adalah kitab-kitab yang di tulis berdasarkan sejarah sebelum dan sesudah diangkatnya Yesus ke Surga.


Dan seperti yang saya jabarkan di atas, tidak ada 1 injil pun yang memuat pengakuan Yesus dan mengatakan bahwa dia adalah Tuhan. Yesus berkata dengan jujur bahwa dia hanyalah utusan Allah / Nabi Allah.


3. Kesaksian Allah (kesaksian paling kuat)

Sebelum melanjutkan, saya ingin membuat kesepakatan dengan para pembaca khususnya bagi pembaca Kristen.
Silahkan buka,

-Kisah Para Rasul 5:29

Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Manusia harus patuh dan lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia, inilah kesepakatannya. Setuju? Harus.


Saya akan menuliskan pengakuan dan pernyataan Allah (Bapa) bawa Dia BUKAN manusia.


- 1 Samuel 15:29

Lagi Sang Mulia dari Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu menyesal; sebab Ia bukan manusia yang harus menyesal."

- Hosea 11:9

Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu,tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusiaYang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidakdatang untuk menghanguskan.

Kesaksian Allah tidak ada Tuhan selain Dia


-Ulangan 4:35

Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui, bahwa TUHANlah Allah, tidak ada yang lain kecuali Dia.

-Ulangan 4:39

Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa TUHANlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.

-Ulangan 6:4

Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!

Kesaksian manusia boleh mengatakan apapun, namun kesaksian Allah adalah yang paling kuat dan yang paling dapat dipercaya.



Camkan dan baca dengan teliti ayat ini:

-Yesaya 43:10-12


10. "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.
11. Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
12. Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah.

Ilmu TAUHID dalam Alkitab


-Yesaya  45: 5-6



5. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,
6. supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

Yang dalam Islam adalah, Lailahaillallah...

Andai saja orang Kristen mau mengamalkannya, maka perbedaan antara Islam dan Kristen tipis sekali. Namun pada kenyataannya, ada jurang pemisah karena orang Kristen justru menTuhankan Yesus. Naudzubillah...

Kesaksian Yesus yang menyatakan dirinya BUKAN Tuhan

-Yohanes 12:49-50
49. Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.
50. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

-Matius 4:10
10. Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!
Ini adalah dialog antara Yesus dengan Ahli Taurat:
-Markus 12:28-29
28. Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?"
29. Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa

Dikatakan Yesus dalam Markus 12:29 di atas, "Tuhan Allah kita". Berarti disini Yesus juga mengaku dia pun berTuhan, karena "Tuhan Allah kita" artinya Tuhan bagi Yesus juga.

Lalu ahli taurat membenarkan kesaksian Yesus, ayatnya:

-Markus 12:32
Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

Ayat-ayat tersebut merupakan ayat yang berisi tentang dialog langsung atau diskusi langsung antara ahli taurat dan Yesus. Sehingga kesaksian ini juga dapat lebih dipercaya dibandingkan kesaksian manusia jaman sekarang.

Dalam Bible/Alkitab juga ada SYAHADAT

-Yohanes 17:3
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

Dalam Islam sama dengan, Ashaduallailahaillallah waashaduanna Isarrasulullah...

Yesus mengaku sebagai utusan
-Yohanes 17:8
8. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

-Yohanes 8:16
16. dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.

-Yohanes 5:30
30. Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

KESIMPULAN:

Yesus BUKAN Tuhan, tetapi hanya seorang NABI.
saya tidak ada maksud untuk merendahkan Yesus, saya hanya ingin mengajak anda semua untuk mendudukan Yesus pada posisinya yang benar.

Jika orang Kristen mengclaim bahwa Yesus hebat dan penuh mukjizat, misalnya bisa menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, dan sebagainya, itu semua karena izin Allah. Jadi bukan berarti Yesus yang hebat, ALLAH LAH YANG HEBAT. Karena doa Yesus dikabulkan Allah, maka terjadilah mukjizat itu.

Lalu banyak pula ayat Bible yang menyatakan Yesus berdoa kepada Tuhan. Tuhan mana lagi jika Yesus sendiri Tuhan???
Namun akan menjadi wajar jika Yesus seorang Nabi. Karena semua para Nabi pada dasarnya adalah manusia yang di utus, jadi memang tetap dan wajib berdoa hanya kepada Allah.

8 komentar:

  1. Anda sebaiknya belajar lebih mendalam lagi tentang kitab injil karena semua ayat yang anda kutip itu hanya pemahaman berdasarkan pemikiran awam yang berlogiks sempit .. anda tidak memahaminya secara luas.. atau keseluruhan dari nubuatan kitab injil itu.

    BalasHapus
  2. Anda sebaiknya belajar lebih mendalam lagi tentang kitab injil karena semua ayat yang anda kutip itu hanya pemahaman berdasarkan pemikiran awam yang berlogiks sempit .. anda tidak memahaminya secara luas.. atau keseluruhan dari nubuatan kitab injil itu.

    BalasHapus
  3. Masih ada ayat yang menyatakan Yesus adalah TUHAN/YHWH, liat blog² lain, Yesus banyak gelarnya, nabi, mesias, TUHAN, guru, dll, search di google, apakah YHWH adalah Yesus? Coba search

    BalasHapus
  4. Jelas terbukti bahwa Yesus /Isa itu nabi utusan Allah SWT , seperti nabi dan rosul lainya

    BalasHapus
  5. Udah jelas kalo tiada Tuhan selain Allah SWT, Yesus adalah seorang nabi yg di utus oleh Allah.

    BalasHapus
  6. Tiada tuhan yang patut disembah kecuali Allah SWT dan nabi Muhammad Saw utusan Allah SWT,
    Nabi Isa as/Yesus utusan Allah SWT

    BalasHapus
  7. Coba baca Yoh 10:33, jangan terlalu bodoh bung

    BalasHapus
  8. Gereja Katolik adalah gereja yang apostolik yang tidak pernah memutus mata rantai ajaran para Rasul,Agama anda yang hadir 600 Tahun setelah Yesus kok lebih tau?

    BalasHapus